History generasi Kawasaki “Z”

update malam hari..

karena gak bisa tidur jadi nyari nyari artikel deh…

artikle ini di copas dari website kawasaki-indonesia

langsung saja… meski sudah jarang di perbincangkan di media bloger tapi salah satu motor baru keluaran geng hijau ini patut di ketahui sejarahnya.pasalnya motor ini adalah versi telanjang dari gen sebelumnya yakni Ninja 250 Fi, you know lah motor apa itu. tapi apakah tahu bagaimana sejarahnya sang kakak sebelum ada motor Ninja Z250 ini. langsung saja cek it dot.z2501

Gambar Minjem punya Wak haji.. hehe

 

Histori The Z

Seri Z jadi cikal bakal Kawasaki yang melegenda sejak tahun 1972. Ditandai kelahiran Kawasaki Z1 sinonim dari alfabet Z dan nomor wahid sedunia di masanya. Hasilnya, motorsport 903cc DOHC 4 silinder tersebut direspon positif masyarakat Amerika. Menjadi kuda besi paling ekstrem lantaran performanya yang ganas, hasil penemuan teknologi mesin mutakhir para insinyur Kawasaki.

Desain tangki bensin slim, sexy dan sleek dipadu aksen empat knalpot yang menonjolkan keperkasaannya, menjadi keunggulan Z1 disukai para penggemarnya. Bahkan dinobatkan sebagai trend motor besar paling populer di Amerika Utara dan lintasan balapan di setiap event.

Kesuksesan Z1 tak menyurutkan generasi berikutnya atas kelahiran Z1-R pada tahun 1977. Penyempurnaan desain versi cafe racer berikut desain unik fairing lampu model bikini (bar-mounted fairing bikini), serta muffler model 4-1, mencirikan kelahiran model R (racing) pertama motorsport Kawasaki.

Setahun kemudian pada 1978, Kawasaki mengguncang dunia dengan inovasi terbarunya membuat terobosan mesin enam silinder berpendingin air (radiator). Kawasaki Z1300 ini pun diyakini menjadi model flagship Kawasaki yang dibuat dengan komponen sasis, bodi dan mesin berkualitas tinggi. Road sport berbobot 300 kg ini bahkan membuat impresinya sendiri saat para test ride saat menjajal terasa ban melayang dari aspal.

Memasuki era 1980-an Z Series semakin berkibar atas kelahiran generasi kedua Z, yakni Kawasaki Z1100GP  tahun 1981. Kapasitas mesinnya 1.1089,9cc dan memiliki ciri warna tunggal hitam hingga knalpot dan bergaya sport. Yang membuat surprise, Kawasaki menobatkannya sebagai motor dengan mesin injeksi pertama yang pernah dibuat Kawasaki belisensi K.E.F.I (Kawasaki Electronic Fue Injection). Mengiringi sukses penjualan tertinggi Z1000 di Amerika Utara, bersamaan itu pula Kawasaki mengeluarkan versi Superbike Z1000R pada 1982. Menandai kemenangan Eddie Lawson pada kejuaraan Superbike dengan membuat replikanya warna lime green.

Era awal 2000, Seri Z kembali membuat gebrakan dengan peluncuran Z1000 bergenre  Super-Naked pada 2003 dan 2007. Desainnya tidak kaku dan kotak-kotak lagi, tapi sudah modern membulat dan bersudut lancip, namun menonjolkan karakter motor berotot, mengusung mesin injeksi ZX-9R 4 silinder 953cc. Meski kapasitasnya besar, Kawasaki menjuluki motor ini ‘fun factor’ lantaran nyama dikendarai pada torsi rendah dan menengah. muscle bike

Berkutnya, generasi terkini ke-3 Seri Z menghadirkan Z1000 tahun 2010 yang dijuluki Ultimate Z. Menggunakan platform motor Superbike, para insinyur Kawasaki telah merancang ulang seluruhnya dari nol. Mulai desain bodi agresif dan dinamis yang futuristik, karakter mesin Superbike, sasis ringan aluminium twin-tube, dan sokbreker tunggal horisontal untuk mendukung kestabilan bermanuver.

Dan pada akhirnya, Kawasaki pun berhasil menciptakan street-fighter agresif Z250 tahun 2013 ini yang menggabungkan konsep Z1000 dan Z800. Kawasaki Z250 menggunakan basis platform New Ninja 250 dan performa mesin Fuel Injection 250cc. Posisi duduk tegak dan setang lebar menjanjikan karakter sejati street-fighter ini bakal digemari para kaum urban yang mengutamaka kecepatan dan kenyamanan berkendara.

ada yang mau nambahin..???

14 pemikiran pada “History generasi Kawasaki “Z”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s