Persaingan di montegi jepang

Di Motegi Dani Pedrosa akan kembali bersaing dengan Jorge Lorenzo dalam berebut gelar juara dunia musim ini. Balapan bisa bertambah seru karena akan kembali diramaikan Casey Stoner yang ingin tampil sebaik mungkin sebelum pensiun.

Balapan musim ini tinggal menyisakan empat seri lagi, di mana ada maksimal 100 poin yang dapat diraih. Menilik raihan tiga pebalap teratas saat ini, Lorenzo (290 poin), Pedrosa (257) dan Stoner (186), dapat dipastikan persaingan berebut gelar juara dunia tinggal terjadi di antara Lorenzo dan Pedrosa.

Pedrosa, yang membalap untuk tim Repsol Honda, akan menjalani balapan di GP Jepang pada akhir pekan dengan semangat meluap. Meski dalam posisi tertinggal, pebalap Spanyol itu tetap layak optimistis menyusul penampilan dominannya ketika meraih kemenangan pada seri sebelumnya di Aragon.

Satu hal lain yang dapat membuat Pedrosa kian optimistis adalah fakta bahwa ia juga telah berhasil memenangi seri terakhir di Jepang, GP Jepang 2011, seraya membuat Rekor Sirkuit–dalam balapan–sebagaimana dicatat situs MotoGP.

Sementara Lorenzo, yang juga berasal dari Spanyol dan membela Yamaha, niscaya akan cenderung memilih “main aman”, sebagaimana yang ia lakukan di Aragon. Toh saat ini ia masih memiliki selisih 33 angka dengan empat seri tersisa.

Persaingan antara Lorenzo dan Pedrosa di Motegi tersebut akan turut diramaikan dengan Stoner yang berencana kembali ke lintasan, setelah absen sejak Indianapolis. Stoner adalah peraih pole, sekaligus pencatat waktu lap terbaik–dalam sesi di luar balapan, pada MotoGP Jepang 2011 lalu.

Yang menarik, balapan di Motegi tahun lalu juga mengetengahkan ketiga pebalap tersebut di podium, dengan Pedrosa naik podium teratas disusul oleh Lorenzo dan Stoner.

Secara tradisional pabrikan Yamaha dan Honda, yang kini dibela ketiga pebalap tersebut, memang merupakan jawara MotoGP Jepang. Di seluruh kelas, Honda merupakan pemenang terbanyak dengan 45 kemenanangan, disusul Yamaha dengan 16 kemenangan.

Di luar tiga pebalap tersebut, persaingan sengit bisa kembali terjadi di antara Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow, yang merupakan dua pebalap Monster Yamaha Tech 3. Keduanya sama-sama tengah melaju dengan oke dan mencatat posisi finis 3-4 secara bergantian dalam dua dari tiga seri terakhir.

Valentino Rossi dari Ducati juga patut mendapat perhatian. Meski di Aragon lalu cuma finis di posisi delapan, ia ketika itu mampu memamerkan laju oke. Selain itu, si Italiano pun tercatat sebagai pebalap aktif terbanyak yang pernah memenangi MotoGP Jepang–tiga kali, tak termasuk kelas 500cc.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s